lowongan-pekerjaan.net

Lowongan Kerja dan Karir

Jumat, 18 April 2008

APLIKASI WINAMP BERDASARKAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Aspek – aspek interaksi manusia dan computer sangat berpengaruh sekali karena dengan adanya IMK dapat mencapai kondisi yang senyaman mungkin untuk kita pengguna yang berinteraksi langsung didepan computer untuk selang waktu yang lama. IMK ini merupakan hal – hal yang berkaitan dengan desain, penilaian dan implementasi system computer interaktif untuk kegunaan manusia serta kajian tentang fenomena yang terkait.

Adapun pengertian IMK yang lain yaitu pengembangan antarmuka berbasis computer dengan tujuan membuat suatu aplikasi sehingga lebih mudah dipergunakan oleh manusia.

  • Kajian tentang interaksi manusia dengan computer

Manusia : Bagaimana manusia menerima dan memproses informasi, apakah keterbatasan dan kelebihan manusia.

Computer : Teknologi computer yang dapat digunakan untuk menerima, memproses, dan mempersembahkan informasi, keterbatasan dan kelebihannya.

Interaksi : Merupakan interaksi antara Manusia dengan Komputer.


  • Indikator IMK

Ramah dengan pengguna (user friendly) : menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh perangkat yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoprasikan perangkat tersebut.


  • Tujuan IMK

Membangun produk yang mudah dipelajari, berkesan jika digunakan dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan dan dapat melibatkan pengguna dalam proses mendesain


Secara garis besar, pengembangan bagian antar muka perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer

  • Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog

  • Penggunaan prototype yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama – sama antara pengguna dan perancang system

  • Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototype yang telah dilakukan.

Adapun konfigurasi dasar computer dan interaksi dengan manusia adalah

Perintah Hasil
pemakai dihadapkan terlebih dahulu dengan seperangkat alat seperti papan ketik (keyboard), monitor, mouse, joystick, dan lain-lain. Pemakai harus dapat mengoperasikan seperangkat alat tersebut

  • Keyboard

Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks. Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya


  • Monitor

Monitor merupakan peran utama dalam Interface (antarmuka), dimana input yang ada di software maupun hardware dapat disajikan melalui monitor sehingga monitor inilah interface yang secara langsung berhubungan dengan manusia.


  • Mouse

Mouse dapat menggabungkan dua operasi penting barbasis layer yaitu mempunya kemampuan untuk menggerakkan kursor dan kemampuan untuk memilih suatu obyek pada layer kedalam satu piranti.


Komponen utama program aplikasi

  • Bagian antarmuka

      • Berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer

  • Bagian aplikasi

      • Berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut

  • Myers (1989)‏

Penelitian pada berbagai aplikasi kecerdasan buatan menunjukkan bahwa 40-50% dari keseluruhan statemen program aplikasi dan memori yang ada diperuntukan bagi pengembangan antarmukanya.

Fungsi Berbagai Fitur Winamp melaui Internet


  1. Mengatur Volume

Plug-in Rock Steady merupakan fitur yang digunakan bila volume suatu lagu hampir tidak terdengar, tetapi yang berikutnya terasa memekakkan telinga. Dengan fitur ini dapat mengatasi masalah tersebut dan hasil nya juga bagus. Cara untuk mengubah settinggannya yaitu: tekan [Ctrl]+[P], lalu pilih 'DSP/Effect' di bawah 'Plugins'. Tandai 'Rock Steady' dan klik 'Configure Active Plugin'.
Pilihan setting dalam jendela ini memang cukup rumit. Untuk memudahkannya jika volume lagu sangat bervariasi, maka naikkanlah sedikit nilai 'Full Amplification up to' (nilai defaultnya adalah 25%). Demikian pula dengan nilai 'Maximum Amplification' jika terlalu tinggi, perbedaan volume dalam sebuah lagu akan menghilang.


  1. Merekam Audio – Stream

Plug-in StreamRipper merupakan fitur aplikasi pada Winamp untuk mengubah Winamp menjadi MP3 recorder. Fitur ini akan selalu aktip setiap kali Winamp dijalankan. Dengan hanya mengklik ‘Start’ StreamRi[[er akan mengkonversi stream yang diterimanya keformat MP3 dengan membaca data artis dan judul dari ID Tag, kemudian menamai file MP3 sesuai dengan informasi dari ID Tagnya kemudian menamai file MP3 sesuai dengan informasi dari ID Tag. Setingan yang perlu dilakukan yaitu klik Options | File | Output ‘ dan masukkan folder tujuan untuk menghindari penyimpanan pada Desktop.

  1. Meriping Audio CD ke format MP3

Winamp tidak memiliki encoder MP3, sehingga winamp hanya dapat me-riping ke format ACC dengan kecepatan yang sangat lambat. Untuk menghindari itu dengan hanya menginstal salah satu lame MP3 writer dapat melakukan proses meriping


  1. Bertukar Musik di Internet

Dengan menggunakan Hydra Media Library, disana tersedia fitur Remote Media dimana dalam media lybrarynya yang sebelah kanan tercantum daftar pengguna Winamp di internet, dengan mengklik salah satu pengguna dapat memendengarkan lagu – lagu yang diputar di playlistnya, tapi ini hanya dapat dimainkan selama pengguna tersebut online.


  1. Mengisi ID Tag secara otomatis

Dalam file MP3 tersimpan banyak info selain musik—juga info yang keliru. Data judul lagu dan artis dalam ID Tags umumnya benar, tetapi tahun publikasi atau data album sering salah. Jika Anda ingin memiliki informasi yang lengkap dan benar, instalasikan program kecil 'More Tunes'. Secara otomatis 'More Tunes' akan mencari info mengenai lagu yang diinginkan di dalam Internet dan menuliskannya ke dalam ID Tag. Yang ia butuhkan hanya judul lagu atau nama artis yang tepat. Setelah beberapa detik, aplikasi yang mandiri ini (juga berfungsi dengan Windows Media Player) akan menampilkan info yang dicari berikut cover album dan diskografi (daftar publikasi) lengkap artis yang bersangkutan. Untuk mengganti atau memodifikasi entri-entri yang disarankan, buka tab 'ID Tag'.

  1. Menampilkan Lirik

Untuk menampilkan lirik lagu yang Anda inginkan—agar dapat menyanyi lebih lancar saat mandi pagi—instalasikan plug-in 'Leos Lyrics'. Saat playback, secara otomatis tool ini akan mencari lirik lagu di sebuah server khusus dan menampilkannya dalam sebuah jendela. Klik 'Export' dan lirik akan disimpan dalam sebuah file teks.

















































Tidak ada komentar: